Iklan

Thursday, July 4, 2024, July 04, 2024 WIB
Last Updated 2024-07-04T15:06:50Z
Lombok Timur

Festival Teluk Kayangan 2024 Kembali Digelar, Sebayak 28 Sampan Siap Adu Kecepatan

 



Suasana Pesisir Desa Seruni Mumbul Kec. Pringgabaya




HeadlineNTB (Lombok Timur) - Setelah sukses digelar pada edisi sebelumnya, Festival Teluk Kayangan 2024 kembali digelar tahun ini. Festival yang birisikan adu kecepatan sampan itu resmi dibuka Camat Pringgabaya Lombok Timur (4/7/2024).



Dalam kesempatan itu Camat Pringgabaya, Habiruddin, SH mengatakan bahwa Balap Sampan merupakan salah satu icon Event Wisata di Kecamatan Pringgabaya dan juga merupakan Icon utama Desa Wisata Seruni Mumbul, sebab IKBP Kayangan dan Pemdes Seruni Mumbul konsisten melaksanakan event ini  pada empat tahun terahir ini. 



"Tentunya kami sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan Balap Sampan Festival Teluk Kayangan ini sebab ini adalah bagian dari cara meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga menghidupkan tradisi atau budaya lokal masyarakat pesisir di wilayah Kecamatan Pringgabaya," ungkap Camat Pringgabaya. 



Pada kesempatan yang sama Habiruddin juga mengungkapkan, di Kecamatan Pringgabaya terdapat beberapa event wisata yang kontinyu dilaksanakan dan sudah menjadi bagai dari icon wisata di kecamatan Pringgabaya, yaitu Event Event Balap Sampan di Seruni Mumbul, Budaya Rebo Bontong di Desa Pringgabaya, dan tidak kalah spek takuler adalah Festival Arong-Arong Jaran di Pohgading Timur. 



"Kami berharap, event semacam ini terus ditingkatkan di wilayah Kecamatan Pringgabaya sebab dengan adanya event ini maka banyak masyarakat yang bisa berjualan dan tentunya itu dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya. 



Pernyataan senada juga disampaikan oleh Sekdes Seruni Mumbul, Bambang Nurdiansyah. Ia menerangkan bahwa Event Balap Sampan di Seruni Mumbul kontinyu diselenggarakan berkat antusias masyarakat dan khususnya IKBP Kayangan. 



"Balap Sampan ini tidak bisa terselenggara tanpa adanya dukungan dan antusias masyarakat, untuk itu kami sangat berterimakasih kepada IKBP Kayangan yang telah menginisiasi dan terus mendorong Pemdes Seruni Mumbul menyelenggarakan Balap Sampan di desa ini," ungkapnya. 



"Pemerintah Desa memang mensuport dana untuk penyelenggaraan Event ini, tapi itu tidak seberapa jika dibandingkan dengan jumlah total biaya yang dibutuhkan dan dana yang kami berikan itupun memang uang masyarakat yang dititipkan melalui pemdes," tegas sekdes yang cukup muda itu. 


Balap Sampan Festival Teluk Kayangan 2024 ini diinisiasi oleh IKBP Kayangan dan diselenggarakan di Desa Seruni Mumbul selama empat hari, mulai dari tanggal 04 samapi tanggal 07 Juli 2024 dan diikuti oleh 28 peserta. 



Patahi, Ketua Umum IKBP Kayangan menyampaikan bahwa Festival Teluk Kayangan 2024 ini lebih meriah dari tahun-tahun sebelumnya sebab kali ini pesertanya mencapai 28 Sampan yang berasal dari wilayah Lombok Timur bagian utara dan Lombok Timur Bagian Selatan. 




"Kami berkomitmen untuk terus melaksanakan  Balap Sampan Festival Teluk Kayangan guna mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan di kawasan Teluk Kayangan dan dapat dijadikan sebagai ajang untuk menghidupkan tradisi masyarakat pesisir di kawasan kami," papar Patahi.