Iklan

Monday, June 10, 2024, June 10, 2024 WIB
Last Updated 2024-06-10T08:48:26Z
Lombok TimurPeristiwa

Pj. Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi Kukuhkan Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB

 

Poto : Istimewa


HeadlinNTB (Lombok Timur) - Bertempat di Pantai Gili Lampu Desa Padak Guar Kecamatan Sambelia Kabupaten Lombok Timur, Penjabat (Pj) Gubernur NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si Kukuhkan Pengurus Himpunan Pokmaswas Nusa Tenggara Barat (Sabtu, 08 Juni 2024).


Terbentuknya Forum Resmi Masyarakat Pengawas (Pokmaswas NTB) merupakan output utama dari pelaksanaan Jambore Perdana Pokmaswas se-NTB 2024 yang dilaksanakan pada tanggal 07-09 Juni 2024 di Lombok Timur.


Pemilihan Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB dilaksanakan pada Jumat malam (07 Juni 2024) di Camping Area Jambore Pokmaswas se-NTB yang diikuti oleh 64 orang pengurus Pokmaswas se-NTB, pihak DKP NTB, Perwakilan PT. Suncable, Pengurus WCS NTB, Pengurus Orari Lokal Lombok, Pengurus YKPPL Sambelia, Pengurus YDBS Lobar dan peserta jambore lainnya.


Setelah dilakukan pemilihan terbuka melalui sistem poting maka terpilihlah Ikhwan Jaelani sebagai Ketua, Herman dan Pathurrahman sebagai Wakil Ketua I dan II, Asri sebagai Sekertaris dan Geri Arnedi sebagai Bendahara.


Terpilih pula, Rudini sebagai Kabid Konservasi dan Pengawasan, Rawatib sebagai Kabid Humas dan Komunikasi, Lukmanul Hakim sebagai Kabid Pengembangan SDM, Hasir sebagai Kabid Agitasi dan Propaganda, serta Andre Juanda sebagai Kabid Hukum dan Advokasi. 


Selain itu terpilih juga H. Mahendra Irawan sebagai Korwil Mataram, Geo Patriadi sebagai Korwil KLU, Yogi Gunawan sebagai Korwil Lobar, Amaq Basir sebagai Korwil Loteng, Rudi Ahmad Aminuddin sebagai Korwil Lotim, Kamiullah sebagai Korwil Sumbawa Barat, Arsis sebagai Korwil Sumbawa, Karno sebagai Korwil Dompu, Ruslan sebagai Korwil Kota Bima dan Oi Panda sebagai Korwil Kab. Bima.


Pengurus yang terbentuk ini kemudian dikukuhkan langsung oleh Pj. Gubernur NTB didepan ratusan peserta dan tamu undangan opening ceremony Jambore Pokmaswas se-NTB (08/2024).


L. Gita sangat mengapresiasi terbentuknya lembaga resmi Pokmaswas NTB ini. 


Dalam sambutannya, Pj. Gubernur NTB tersebut menyatakan bahwa ia siap membersamai Pengurus Himpunan Pokmaswas NTB dan segenap Pokmaswas yang ada di wilayah NTB untuk melakukan aksi jaga laut NTB dan segenap program kerja Pokmaswas NTB di masa mendatang.


"Tentunya kami sangat mengapresiasi semua gerakan konstruktif dan aksi nyata dari semua Pokmaswas di NTB dalam menjaga kelestarian sumberdaya laut dan utamanya atas terselenggaranya kegiatan ini", ungkap laki-laki yang akrab disapa Miq Gita itu.


Dinyatakan pula bahwa Jambore ini adalah Jambore Pokmaswas Perdana di NTB dan bahkan ini juga merupakan Jambore Pokmaswas Tingkat Provinsi Perdana di Indonesia.


"Saya berharap terbentuknya forum komunikasi Pokmaswas NTB ini dengan segenap pengurusnya yang telah dilantik dapat menjadi salah satu bagian penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian masyarakat NTB, khusunya masyarakat nelayan," tegasnya.


Selaku ketua terpilih, Ikhwan Jaelani berstetmen akan berusaha semaksimal mungkin untuk bergerak menjalin dan membangun sinergi dengan seluruh Pokmaswas yang ada di NTB dan stakeholder serta lembaga-lembaga terkait dalam membangun dan mengembangkan kemandirian Pokmaswas NTB dan melaksanakan berbagai aksi konstruktif dalam menjaga kelestarian kelestarian sumberdaya laut dan perikanan di NTB.


"Tentanya saya dan pengurus lainnya tidak bisa bekerja sendiri tanpa ada jalinan sinergi bersama pemerintah, lembaga swasta dan utamanya dengan seluruh pengurus dan anggota Pokmaswas yang ada di NTB,"pungkas Ikhwan.


Ia berharap, lembaga yang dipimpinnya ini dapat menjadi lembaga yang solid dan komitmen serta profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya.