Iklan

Wednesday, January 11, 2023, January 11, 2023 WIB
Last Updated 2023-01-11T08:02:01Z
Berita UtamaLombok Timur

Bupati Sukiman Terima Kunjungan AK NTB, Festival Kecimol Akan Digelar Bulan Ini

Bupati Lombok Timur Terima Kunjungan AK NTB




HeadlineNTB (Lombok Timur) - Bupati Lombok Timur H. M. Sukiman Azmy didampingi Asisten II, kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kepala BPPD serta Dewan Kesenian Lombok Timur menerima kunjungan Asosiasi Kecimol Nusa Tenggara Barat (AK NTB) di ruang Rapat Bupati pada Rabu Pagi, (11/01) terkait Festival Kecimol yang akan digelar AK NTB pada 25 Januari mendatang.



Pada audiensi tersebut Bupati meminta pada AK NTB selaku penyelenggara untuk meininjau kembali lokasi acara yang rencanya akan dilaksanakan di Lapangan Sikur. Bupati menilai akan banyak masyarakat terganggu dengan kemacetan lalu lintas, mengingat peserta festival diperikirakan mencapai 100 sekahe (kelompok), sementara area tersebut merupakan akes jalan utama yang dilewati oleh pengendara dari berbagai wilayah, serta tidak tersedianya tempat parkir.



Selain itu, Bupati menyarankan untuk merelokasi acara ke area yang lebih luas, memiliki tempat parkir dan memiliki akses jalan lain untuk menghindari kemacetan lalu lintas, sebagai alternatif Bupati menyarankan Taman Tugu Selong serta Lapangan Porda sebagai lokasi acara.



Bupati juga menegaskan Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur akan siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang akan dilaksanakan mulai dari pukul 11.00 hingga pukul 21.00 Wita tersebut. Lebih lanjut Bupati memerintahkan Kepala Dinas terkait untuk menindaklanjuti kegiatan yang akan diikuti oleh peserta dari seluruh.


Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas AK NTB Amaq Mila mengatakan, festival kecimol diinisiasi atas dasar swadaya peserta. Tujuannya adalah memepererat silaturahmi sesama anggota dan masyarakat juga untuk mensosialisasikan bahwa kecimol tidak lagi sama seperti stigma negatif masyarakat sebelumnya.



Ia juga menyebut AK NTB memiliki aturan yang harus ditaati oleh setiap anggota sesuai dengan norma yang berlaku, jika anggota melanggar akan diberikan sanksi berupa peringatan hingga dikeluarkan dari keanggotaan AK NTB.