Iklan

Wednesday, May 26, 2021, May 26, 2021 WIB
Last Updated 2021-05-26T13:14:51Z
Peristiwa

Gerhana Bulan Total, Fenomena Alam Langka Telah Terjadi Malam Ini

Gerhana Bulan Total (26/05/2021)

HeadlineNTB (Lombok Timur)
- Hari ini Gerhana Bulan Total Atau Super Blood Moon hiasi langit langit dan beragam poto  gerhana  bulan menghiasi  postingan- postingan dunia Maya (26/05/2021)


Sebagai mana dikutif dari situs resmi BMKG (https://www.bmkg.go.id/) gerhana bulan adalah  peristiwa terhalangnya sinar Matahari oleh Bumi, sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan, dilihat dari Bumi. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya. 


Gerhana Bulan Total  terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini terjadi saat Bulan berada di umbra Bumi, yang berakibat, saat puncak gerhana bulan total terjadi, Bulan akan terlihat berwarna merah (terkenal dengan istilah (Blood Moon).


Karena posisi Bulan saat terjadi gerhana berada di posisi terdekat dengan bumi (Perigee), maka Bulan akan terlihat lebih besar dari fase-fase purnama biasa, sehingga sering disebut dengan Super Moon. 


Sehinggaga, Gerhana Bulan Total tanggal 26 Mei 2021 dikenal juga dengan Super Blood Moon  karena terjadi saat bulan di Perigee (Bulan berada di jarak terdekat dengan Bumi).


Dari pantauan Mata telanjang kami, fenomena alam yang terjadi  100 Tahun sekali terlihat lebih besar dari ukuran biasanya dan berwarna kemerahan.